PROGRAM JURNALIS DESA GRENGGENG, MENJADI PROGRAM INOVASI KEMENTRIAN DESA.

Sharing is caring!

GRENGGENG— Jumat, (2/11). Program inovasi Desa adalah bagian dari Program Kementrian Desa yang tujuan memotret lebih mendokumentasikankegiatan kegiatan desa, yang bersumber dari Anggaran Desa. Desa, layak untuk dimasukkan menjadi Program Inovasi setelah Tim Pelaksana Program Inovasi Desa (TPID) Mengadakan analisa sejauh mana kemanfaatan Program tersebut berdampak pada Masyrakat Desa. Secara teknis hal ini diatur dalam Peraturan Mentri Desa no. 48 tahun 2018 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

Program “Jurnalis Desa” milik Karangtaruna Desa Grenggeng masuk dalam kategori program inovasi Desa setelah TPID melihat program tersebut di APBDes Grenggeng.

Wahyu ketua Tim Pelaksana Program Inovasi Desa menyebutkan, “Program Jurnalis Desa Grenggeng yang dilakukan selama dua tahun anggaran termasuk program yang brilian, setelah saya bersama Tim menganalisa program ini, saya melihat terdapat azas kemanfaatan yang begitu besar ketika desa merealisasikan Program ini. Maka kami bersama tim bersepakat untuk meng-capture Program ini menjadi program inovasi di Kebumen. Yang rencananya akan kita Bursa Inovasikan besok tgl 8 November 2018 di Kebumen”. Tutur Wahyu.

Adi selaku wakil ketua Karangtaruna Desa mengungkapkan, “Kami tidak merasa ini sebuah program yang brilian, karena program ini di realisasikan berbasis kebutuhan kala itu. Setelah pembentukan struktur pengurus dan divisi di tahun 2015, didalam menyusun Program Kerja kita masukkan program Pelatihan Jurnalistik ini, yang kemudian di tahun anggaran 2017 kita laksanakan kembali sebagai follow up dari pelatihan jurnalistik di tahun 2016”, “Sebutnya. “Jadi kita laksanakan program ini, dalam dua tahun anggaran Desa. Di tahun 2016 dan tahun 2017. Hasilnya hari ini, para peserta pelatihan ditugasi mengisi website, Facebook, instagram, twetter dan portal Desa. Mesti masih banyak menuai kendala di lapangan, tapi sudah lumayan berjalan dengan beberapa keterbatasan”. Tambahnya.

Salim Kepala Desa Grenggeng, “Jurnalis Desa menjadi ruang pembelajaran para pemuda dan remaja di desa bagaimana membuat sebuah berita. Menyajikan berita, membuat berita dan menulis mendokumentasikan berita. Banyak hal yang bisa didapatkan oleh para remaja yang tergabung dalam tim Jurnalis, yang pasti hal ini sangat berjalan beriringan dengan kebutuhan remaja sebagai Pelajar di Sekolah. Kemampuan men-tekstualisasi Konteks menjadi hal yang pasti diperoleh oleh para jurnalis Desa”. Tegas Salim.

Sukses buat Desa Grenggeng, karena sudah mewakili desa di kecamatan Karanganyar untuk maju di Program Inovasi Desa. Semoga ini menjadi Program yang menarik dan bermanfaat bagi Desa yang ada di kebumen dan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *