FUNGSIONALKAN ANYAMAN SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI PASAR PERENG

Sharing is caring!

GRENGGENG— Pasar Pereng Kali Desa Grenggeng, sebagai pasar tradisional makanan lokal ala zaman dulu ternilai sangat unik. Anyaman yang biasanya dibentuk menjadi kerajinan Tas, sandal, perlengkapan kantor dan souvernir, di Pasar Pereng kali dijadikan sebagai media transaksi belanja. Jangan pernah bermimpi bisa belanja dengan uang, disini pengunjung ditujtud untuk berbelanja dengan menggunakan Kepeng Pereng yang terbuat dari anyaman pandan.

Amin Abdillah menyebutkan, ” Konsep transaksi belanja menggunakan Anyaman Pandan adalah murni Gagasan Karangtaruna Desa Grenggeng, memfungsikan anyaman sebagai media transaksi ini menjadi simbol tersendiri bagi Pasar Pereng. Kita menilai ini sangat eksotik disisi lain memunculkan karakter Pasar, dilain sisi senada dengan dijadikannya Desa Grenggeng sebagai Desa kawasan Anyaman Pandan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten kebumen”, Ujar Ketua Pokdarwis Grenggeng.

Pengurus Pasar Pereng butuh kontrol otentik, Inkam pengurus didapatkan dari Prosentase Parkir dan Pedagang. Belum lagi Pengurus harus bagi hasil dengan Pemilik lahan, maka menjadikan Kepeng Pereng dengan media anyaman berfungsi sebagai kontrol transaksi yang berlangsung di Pasar Pereng,” Imbuh bapak berambut putih ini.

 

Eri Listiawan menuturkan, ” Kita gagas Pasar Pereng ini sebagai sarana media pemberdayaan masyarakat, semua untuk semua. Baik Pemilik lahan, Pedagang dan Pengurus semua kita berdayakan. Termasuk pengunjung juga kita edukasi untuk tidak meninggalkan makanan tradisional, di Pasar Pereng semua makanan diolah secara tradisional, semua dibuat tanpa Pengawet, Penyedap rasa (Micin) dan Plastik. Ungkap Ketua Karangtaruna Desa Grenggeng yang juga menjadi Pendamping lokal Desa kecamatan Karanganyar.

Pasar Pereng Kali Desa Grenggeng akan dibuka setiap Minggu Manis, mulai Pukul 07.00 – 12.00 wib. Bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Pasar Pereng, diharapkan untuk bisa hadir lebih awal, pastinya sajiannya akan lebih lengkap.

Untuk rute jalan menuju Pasar Pereng sangatlah mudah, karena berada di tengah-tengah sebelah utara antara Jembatan Kemit dan Tugu Kemit Desa Grenggeng kecamatan Karanganyar kabupaten Kebumen, Tepatnya jalan masuk Pasar Kemit sebagai Patokan para Pengunjung. Dari Pasar Kemit menuju ke Utara sekitar 300meter, masuk ke gang kiri jalan setelah SDN 1 Grenggeng.

Untuk Parkir motor Rp. 3000,oo dan Penukaran Kepeng Pereng minimal Rp. 20.000,oo. Jadi cukup dengan Rp. 23000,oo Pengunjung sudah bisa santap menu pilihan dengan lengkap. Untuk Parkir mobil berada disebelah Utara Pasar Pereng, tepatnya berada di Pertigaan Desa Grenggeng menuju arah ke Grenggeng Barat.

Ataubagi para pengunjung luar kota yang ingin berkunjung dan berkomunikasi langsung dengan Pengurus Pasar Pereng Kali bisa gabung ke Group WhatsApp via tautan dibawah ini

https://chat.whatsapp.com/6jlLyhrwAoTBskVlRFhOoa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *