Saat Somlo People Bergumam

Sharing is caring!

Sedikit inspirasi dari #somlopeople (hashtag brilian oleh Aghil Miftakhudin)

Suatu perkara yang keberadaannya diakibatkan oleh seseorang atau sebuah lembaga atau beberapa orang dalam satu lembaga atau beberapa lembaga dalam suatu wilayah, terkait dngan istilah benar atau salah. Pengkaitan tersebut terutama ada berdasar dan didasarkan pada sudut pandang.

Perkara itu memang benar, sesuai dan proporsional didasarkan pada ideologi, kemampuan dan kecakapan intelektual, intuisi dan sistem komunikasi subjektif pelaku.

Perkara itu dianggap sebagai sebuah kesalahan dan lebih buruk dianggap sebagai ancaman berdasar atau didasarkan pada ideologi kontra atau bisa disebut oposisi.

Judgement lainnya atau bisa disebut objektif didasarkan pada sebuah sistem penilaian publik yang telah disepakati bersama di suatu wilayah tertentu berdasarkan pada kemampuan, pengetahuan, empati, nurani dan penalaran positif personal, kearifan lokal, tata hukum teritorial dan agama ( pengurutan posisi murni didasarkan pada gambaran yang berawal dari lingkup terkecil kehidupan manusia tanpa unsur sentimentil apapun ).

Pandangan objektif di suatu wilayah dapat berbeda dengan wilayah lain karena perbedaan salah satu dari unsur-unsur tersebut.

Pemaksaan atas sebuah sistem justice dari dan atau ke wilayah lain tanpa mempertimbangkan latar belakang unsur-unsur tersebut dan komunikasi horisontal yang baik lebih dulu dapat menimbulkan masalah yang jauh lebih besar daripada perkara sebenarnya yang menjadi judgement awal.

Yang jelas, kembali pada pemahaman bahwa semua sudut pandang entah itu pro atau kontra pada dasarnya semua benar. Hanya kesepakatan ideologi yang akan dipakai untuk menanganinya itu harus benar-benar dikomunikasikan, disepakati dan dilaksanakan dengan konsekuen.

Kalau hanya menjelaskan kebijakan normatif lalu melimpahkan penanganan permasalahan itu pada seseorang tanpa memandang latar belakang dan perjalanan psikisnya dengan tendensi agar tangan bisa bersih secepatnya, semua orang berbakat untuk itu.

Joe

Mind Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *