RUMAH BARU “SI LANCENG”

Sharing is caring!

Stana Kunci, Eksplorasi budidaya lebah madu jenis Lanceng yang dilakukan Wanawiyata KTH Margo Rahayu Stana Kunci menunjukan grafik signifikan. Populasi lebah yang didatangkan dari Desa Kalipoh Kecamatan Ayah ini meningkat pesat. Lanceng sendiri adalah salah satu spesies lebah madu tanpa sengat berukuran kecil (sebesar ukuran ratu semut) yang sudah menjadi komoditi budidaya andalan Desa Kalipoh.

KTH bersama Pengelola Wisata Makam sepakat untuk menjadikan kawasan Makam Syeh Baribin sebagai Wisata Edukasi Alam dan Religi. Karenanya segala macam penunjang sedikit demi sedikit selalu dipersiapkan agar target tersebut bisa tercapai.

(box lama lebah lanceng)

Pada eksplorasi budidaya generasi pertama yang diletakan di sekitar rumah Pawit (6/6) ini, rumah lebah masih menggunakan bahan sebagaimana mereka didatangkan dari tempat asalnya berupa ruas-ruas bambu dan box-box kecil dari kayu sehingga untuk keperluan menarik wisatawan, bentuk rumah-rumah lebah tersebut perlu “dipercantik”.

“Kita akan membuat nuansanya menarik untuk anak-anak sehingga akan memicu rasa ingin tahu dan minat belajarnya”, ungkap Riyadi Kadir selaku Ketua Divisi Wanawiyata.

Minggu, 11/2/18 dilakukan ujicoba pemindahan koloni ke hunian baru mereka yang berupa box kayu bersusun 2 yang telah dirancang dan disempurnakan beberapa lama sebelumnya. Nantinya pengontrolan koloni akan lebih mudah dilakukan karena box tersebut dilengkapi mika sebagai plavon dan atapnya menggunakan sistem ‘plug n play’ yang tidak memerlukan pembongkaran sekedar untuk keperluan melihat isinya.

(box baru lebah Lanceng)

Hal ini pun dilakukan dengan pertimbangan lebah tersebut mudah stres dan beresiko mati atau pindah dari sarang.

Nantinya wisata Makam Syeh Baribin makin lengkap dengan perpaduan antara hardware berupa kompleks makam dan panorama alam dengan software berupa program-program edukatif untuk memperkaya wawasan pengunjung.(Jgraph)  (tim pengembangan budidaya Lanceng bersama pendampingan dari Kalipoh dan Amdani calon peminat madu lebah)

Joe

Mind Adventure

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *