PULUHAN RELAWAN BAYANGKARA DAN SIAPINDO KARANGANYAR BANTU POKDARWIS DAN KARANGTARUNA GRENGGENG BERSIH- BERSIH PASAR PERENG KALI GRENGGENG

Sharing is caring!

GRENGGENG—Komunitas relawan Bayangkara dan Siapindo Karanganyar menggelar kegiatan sosial bersih-bersih di area pasar Pereng kali Grenggeng, Dusun Pancasan Rt.01/02 Desa Grenggeng, Minggu (10/6). Acara bertajuk  Grenggeng Bersih ini bertujuan untuk membersihkan area Papringan dan Pereng kali kemit Grenggeng, yang rencananya akan dijadikan pasar tradisional setiap selapan hari pisan.

Ketua Panitia dan Sekretaris Kegiatan  didampingi Ketua Pokdarwis, mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin menjawab tuntutan masyarakat yang menginginkan Grenggeng Berdaya, bersih dan Mandiri.

“Jadi kegiatan ini merupakan implementasi dari keinginan masyarakat terhadap munculnya potensi Desa Grenggeng yang memiliki sejarah panjang, Kerajinan Anyaman, wisata herbal dan wisata spiritual.  Kami menilai kalau potensi desa ini dikelola dengan baik Desa Grenggeng memiliki peluang untuk menjadikan Desanya sebagai Ekowisata Desa. “ekowisata” dapat diartikan sebagai perjalanan oleh seorang turis ke daerah terpencil dengan tujuan menikmati dan mempelajari mengenai alam, sejarah dan budaya di suatu daerah, di mana pola wisatanya membantu ekonomi masyarakat lokal dan mendukung pelestarian alam. Ungkap Eri Listiawan Ketua Karangtaruna Desa Grenggeng yang juga berstatus sebagai Pendamping lokal Desa Karanganyar.

“Kegiatan ini merupakan babad alas dan Bersih-bersih lingkungan potensi desa Grenggeng. Ini baru satu dari sekian potensi wisata Desa yang ada. Konsep pasar Pereng kali Grenggeng ini digagas Pokdarwis melihat kejenuhan masyarakat dengan sampah plastik. Kedepan dipasar ini tidak boleh ada bungkus plastik, semua kembali ke zaman dulu, kami akan mengajak para pengunjung seolah berada di Suasana pasar zaman dulu. Dari segi Pacitan dan makanan yang dijual tidak diperbolehkan menjual makanan menggunakan bahan pengawet, pewarna dan berbungkus plastik” Ungkap Amin abdillah selaku ketua Pokdarwis Grenggeng.

Kepala Desa Grenggeng yang turut hadir dilapangan mengapresiasi Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini. “Apresiasi kami sampaikan kepada Relawan Bayangkara dan Siapindo Karanganyar yang sudah membantu Pekerjaan rumah Desa Grenggeng ini, tanpa kehadiran para relawan dapat dipastikan kegiatan ini tidak akan berlangsung dengan cepat. Tidak lupa juga kepada Pokdarwis dan Karangtaruna Desa Grenggeng jua, yang sudah membantu desa merealisasikan konsep pasar Pereng kali ini.” Ungkap Salim yang turut serta ke lapangan. inilah yang bisa mewujudkan Grenggeng bermartabat, terutama menciptakan Kebersihan, keamanan dan kenyamanan bagi warga dan pengunjung Nantinya, “Imbuhnya.

“Kebersihan dan Kenyamanan merupakan faktor penting kemajuan di segala bidang, terutama perekonomian,” kata Eko Sasmito. Eko mengaku, mengenal dekat dengan desa Grenggeng. Gagasan yang sedang direalisasikan oleh Pokdarwis dan Karangtaruna Desa Grenggeng ini merupakan gerakan pemberdayaan masyarakat yang perlu didukung dan dikawal. Ini kegiatan yang diluar kebiasaan, masyarakat bersama-sama lembaga desa bahu membahu membangun dan memunculkan potensi Desanya, ini dahsyat. “Ujar Eko Sasmito selaku Babinkamtibmas Desa Grenggeng Polsek Karanganyar.

 

Saka Bayangkara angkatan 37 dan 38 ini relawan binaan Polsek Karanganyar, sedangkan Relawan Siapindo adalah LPK magang Jepang yang beralamat di Jl. Pemuda No. 6 (Utara stasiun Karanganyar, belakang SDN 4) Karanganyar, Kebumen, Jawatengah. Lpk Siapindo melatih dan mendidik anggotanya untuk mempersiapkan diri sebelum berangkat ke Negri tirai bambu (Jepang). Sudah tidak bisa diragukan lagi militansinya, ditengah kesibukan anggota LPK Sipaindo mereka juga menjadi relawan gerakan sosial di kabupaten kebumen. “Tutur Eko yang kenal dekat dengan Pimpinan Siapindo.

Acra bersih-bersih ditutup dengan acara buka bersama, meski Acra ini dilaksanakan di bulan Ramadhan, akan tetapi tidak mengurangi semangat dan hikmat mereka dalam menjalankan Ibadah wajib di bulan suci penuh berkah ini. (Mfth)

Satu tanggapan untuk “PULUHAN RELAWAN BAYANGKARA DAN SIAPINDO KARANGANYAR BANTU POKDARWIS DAN KARANGTARUNA GRENGGENG BERSIH- BERSIH PASAR PERENG KALI GRENGGENG

  • Juli 15, 2018 pada 1:26 pm
    Permalink

    berdaya dan terus maju desa grenggeng,, kegiatan yang sangat bagus..saluttt

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *